Langsung ke konten utama

Toko Bunga Rawa Belong Klender

TOKO BUNGA RAWA BELONG DAN TOKO BUNGA KLENDER
Pusat Promosi Bunga dan tanaman Hias Pusat Promosi dan Pemasaran Bunga dan Tanaman Hias Rawabelong yang dikenal sebagai Pasar Bunga Rawabelong, merupakan Instalasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Promosi dan Pemasaran Hasil Pertanian dan Hasil Hutan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Propinsi DKI Jakarta yang memiliki areal lahan seluas 1,4 Ha. Berdiri sejak tanggal 25 Juli 1989 yang diresmikan oleh Gubernur Propinsi DKI Jakarta dan Sudah Banyaknya yang di Renovasi sampai sekarang.

Pusat Promosi tersebut terletak di Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Kotamadya Jakarta Barat. Sebagai pendukung kegiatan pemasaran bunga/tanaman hias, sekitarnya terdapat lokasi sentra produsen bunga/tanaman hias yang tersebar di sekitar daerah Rawabelong dan Meruya Utara.
Pasokan bunga potong/tanaman hias berasal dari petani dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Selanjutnya didistribusikan ke berbagai tempat untuk memenuhi permintaan konsumen di DKI Jakarta dan Luar Jakarta serta untuk keperluan ekspor. 
Setiap harinya, di Pasar Bunga Rawabelong terjadi pertemuan dan transaksi yang melibatkan kurang lebih 500-1000 orang, puncak kegiatan terjadi pada pukul 00.00 - 07.00 WIB.

Visi pusat Promosi Pemasaran dan Bunga dan Tanaman Hias yaitu "Unggul dan Prima Dalam Pelayanan Agribisnis Bunga dan Tanaman Hias" upaya untuk mencapai visi yang dimaksud yaitu dengan melaksanakan misi yaitu "Better Performance, Better Service, Better Bussines, and Better Living".
Jenis komoditas dan jasa yang dipasarkan meliputi berbagai jenis bunga potong anggrek; bunga gunung/subtropik; bunga rampai; aneka daun hias/asesoris; berbagai jenis tanaman hias; perlengkapan rangkaian bunga: berbagai jenis pot, oasis, mosh, besi standart, pita, keranjang bunga, dan lain sebagainya; sarana produksi/alat pertanian: pupuk, pestisida, gunting, cangkul, sabit, pot, dan lain-lain: dekorasi pelaminan, ruang dan aman, rangkaian dan karangan bunga serta dan souvenir. Juga terdapat tanaman Orchid, Rose, Jasmine, Tulip, Lily, Aglonema, dan lain sebagainya. Tentunya tempat ini menyuguhkan suasana segar, rimbun, dan keindahan warna warni bunga dan tanaman.
Pasar Bunga Rawabelong kini terus dikembangkan menjadi obyek wisata sekaligus sentra penjualan bunga potong dan tanaman hias. Di pasar bunga dan sekitarnya 250 pedagang tetap dan 175 pedagang musiman offline dan online berkecimpung disana.
Bahkan, Pasar Bunga Rawa Belong telah beberapa kali mengukir sejarah penerima Museum Rekor Indonesia (MURI), seperti halnya pembuatan Kembang Mayang, Miniatur Monas, dan Miniatur Rumah Adat Betawi yang kesemuanya menggunakan bunga dan tanaman hias.
Tidak tanggung-tanggung, Pasar Bunga Rawa Belong kini merupakan terbesar di Jakarta bahkan di Asia Tenggara dengan omset yang sangat tinggi. Upaya tersebut dilakukan, semata-mata agar Pasar Bunga Rawa Belong semakin dikenal sebagai sentra wisata yang sangat bermanfaat bagi warga Jabodetabek, khususnya bagi warga DKI Jakarta dan Kini Jakarta Timur memiliki Sentra bunga klender.
Sentra promosi bunga di Provinsi DKI Jakarta yang terbesar adalah Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat. Tempat tersebut  sudah identik bagi orang-orang yang mencari dan membeli berbagai macam bunga potong. Maka dari itu sentra promosi bunga Klender ini juga kita jadikan pusat bunga di wilayah Jakarta Timur yang diresmikan 16 Agustus 2016.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana meresmikan Sentra Promosi Bunga Klender di Jalan I Gusti Ngurah Rai No. 18-20, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (16/8). Sentra Promosi Bunga Klender ini diharapkan dapat menjadi pusat penjualan bunga di Jakarta Timur, seperti yang ada di Rawabelong, Jakarta Barat.


Mayoritas pedagang bunga di sana juga memiliki usaha serupa di Sentra Bunga Rawabelong, Jakarta Barat, yang menjadi barometer penjualan bunga potong terbesar di Jakarta.
Sentra Promosi Bunga Klender sementara ini memiliki 21 kios yang dibangun secara swadaya oleh pedagang bunga Rawabelong. Kios-kios itu diisi untuk menjual bunga  atau daun potong, pelaminan, sarana penunjanng atau bahan-bahan untuk merangkai bunga
Tujuan dibangunnya sentra ini adalah untuk mempermudah warga Jakarta Timur jika menginginkan bunga potong dan sarana-sarana pendukung lainnya terkait bunga dan agar tidak terjadinya kemacetan di wilayah Rawa Belong.
Mayoritas pedagang bunga di sana juga memiliki usaha serupa di Sentra Bunga Rawabelong, Jakarta Barat, yang menjadi barometer penjualan bunga potong terbesar di Jakarta karna adapula yang membuka cabang di Sentra Promosi Bunga Klender.


CARI TOKO BUNGA JAKARTA Tiarka Florist

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan Memanfaatkan Toko Bunga

Keuntungan Dari Memanfaatkan Toko Bunga Anda pasti sering melihat dekorasi karangan bunga saat berkunjung ke acara peresmian atau pembukaan. Karangan bunga juga terlihat di acara pemakaman, pesta ulang tahun, maupun pernikahan. Bunga papan tersebut tentunya tak dibuat sendiri oleh orang-orang yang namanya tertera di papan tersebut. Mereka memanfaatkan toko bunga untuk membuat semua itu, kemudian mengirimkannya ke tempat tujuan.
Inilah salah satu manfaat menggunakan toko bunga. Bisnis ini termasuk bisnis jasa yang sangat situasional, di mana manfaatnya tak terlalu terlihat ketika sampai saat untuk menggunakan jasa ini tiba. Apalagi kenyataan yang biasanya terjadi di lapangan adalah beberapa orang berpikir bahwa orang-orang yang menjalankan bisnis ini tak memerlukan kemampuan khusus.
Padahal, toko bunga yang bagus bisa membantu dalam banyak hal. Misalnya saja:
Mempererat tali silaturahmi Bunga papan adalah salah satu contoh agar Anda bisa menjaga tali silaturahmi dengan klie…